Sabtu, 27 Oktober 2012

SIKLUS KEGIATAN EKONOMI





 PENGERTIAN UMUM :
Barang yakni  Hasil produksi sebagai alat pemuas kebutuhan sang konsumen, dengan bentuk Fisik.
Jasa yakni  Alat pemuas kebutuhan dengan bentuk metafisik, bentuknya tidak terlihat tetapi dapat dirasakan.
PENERANGAN :
Dengan siklus ini dapat dilihat bahwa kegiatan ekonomi terdiri dari 3 faktor penting , yaitu :
1.     Masyarakat atau biasa dipanggil konsumen , dengan perihal ketentuan sebagai penerima atau penikmat jasa/barang hasil produksi .
2.     Perusahaan atau produsen, adalah factor yang menghasilkan jasa/barang untuk memenuhi kebutuhan sang konsumen dengan berbagai keinginannya.
3.     Perdagangan / Distributor , pemasok jasa/barang yang menyalurkan jasa/barang hasil produksi untuk diterima kemudian di nikmati oleh masyarakat sebagai konsumen.




KETERANGAN :
1.      Masyarakat
A.      Dalam hal ini masyarakat mempunyai dua kepentingan yakni, sebagai penyedia sumber daya yang akan digunakan oleh perusahaan untuk proses produksi yang akan menghasilkan barang dan jasa.
B.      Setelah masyarakat menyediakan sumber daya untuk perusahaan,  masyarakat akan menerima pendapatan sebagai imbalannya yang kemudian akan digunakan masyarakat untuk pengeluaran konsumsi.
2.      Perusahaan
A.      Perusahaan akan mengunakan sumber daya yang berasal dari masyarakat untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan masyarakat sebagai konsumen.
B.      Sebagai imbalan sumberdaya dari masyarakat perusahaan memberikan pendapatan yang akan digunakan masyarakat untuk pengeluaran konsumsi yang akan kembali menjadi pendapatan perusahaan.
3.      Perdagangan
Perdagangan atau distributor memiliki peran yang sangat besar dalam kegiatan ekonomi yakni sebagai mediator atau penghubung antara perusahaan atau yg sering kita sebut sebagai produsen dan konsumen/masyarakat umum.


By  :  1. Aji susanto          : ajisusan25@gmail.com
         2. Noor fadlilah        : noor.fadlilah123@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar